HomeArtikel10 Gaya Hidup Sehat yang Bisa Kamu Lakukan Mulai Hari Ini

10 Gaya Hidup Sehat yang Bisa Kamu Lakukan Mulai Hari Ini

Gaya hidup sehat adalah salah satu cara yang membantu kamu untuk menjaga kesehatan dan juga kebahagiaan. Banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk menerapkan gaya hidup sehat, mulai dari mengatur pola makan sampai mengelola stres.

Gaya Hidup Sehat

Banyak orang yang beranggapan bahwa gaya hidup sehat hanya tentang mengatur pola makan dan olahraga. Namun sebenarnya gaya hidup sehat lebih dari itu.

Gaya hidup sehat adalah sebuah rutinitas sehari-hari yang memiliki dampak positif terhadap tubuh kamu. Bukan hanya fisik, namun juga mental.

Banyak orang yang berusaha menerapkan gaya hidup sehat tapi lupa untuk tetap bahagia dan mengelola stresnya.

Kenapa Kamu Harus Melakukan Gaya Hidup Sehat?

Karakter orang-orang jaman sekarang lebih suka hal-hal yang mudah atau instant dan juga lebih memilih untuk memenuhi keinginan daripada kebutuhan.

Contohnya seperti makanan. Banyak orang yang membeli makanan secara online sesuai dengan keinginannya tanpa memperhatikan kebutuhan tubuh.

Pasti kamu pernah malam-malam ingin makan melalui aplikasi pesan makanan online lalu melihat suggestion food ada sate dan martabak. Karena kamu tergiur kamu langsung order makanan tersebut.

Untuk sesekali tidak apa-apa untuk membeli makanan tersebut, namun jangan terlalu sering karena tidak baik untuk kesehatan apabila makan makanan berlemak dan memiliki kalori tinggi pada malam hari.

Selain itu, contoh yang membuat gaya hidupmu tidak baik adalah tingkat stress yang tidak terkontrol. Untuk orang yang sudah dewasa, karena banyaknya tanggung jawab yang dimiliki mereka tidak bisa mengelola stres dan juga beban pikiran. Mulai dari beban pekerjaan hingga permasalahan sehari-hari.

Oleh karena itu, penting untuk kamu mulai menerapkan gaya hidup sehat dari hari ini.

Apa saja gaya hidup yang bisa dilakukan mulai hari ini? Yuk baca 10 daftar di bawah ini!

1. Selalu Aktif Setiap Hari!

Dilansir dari Alodokter, apabila kamu sudah termasuk golongan dewasa, dianjurkan rutin berlari atau jogging tiap hari dengan total waktu dua setengah jam tiap minggu.

Jadi kalau kamu sehari jogging 30 menit, kamu dianjurkan untuk rutin berlari lima hari dalam seminggu.

Saat melakukan jogging, kamu akan mendapatkan banyak manfaat. Contohnyai kulit makin bersinar karena oksigen yang mengalir ke seluruh tubuh dan perasaan lebih bahagia dampak dari hormon endorfin yang keluar ketika jogging.

Hal tersebut disebabkan oleh lancarnya aliran darah ke seluruh tubuh karena rutin berjogging.

Banyak penyakit yang berbahaya diakibatkan tersumbatnya aliran peredaran darah, contohnya stroke.

Jadi apabila kamu sering jogging dan beraktivitas positif lainnya, selain badan kamu menjadi bugar, aliran darah di dalam tubuh kamu akan lancar dan mengurangi resiko stroke.

2. Kelola Stres dengan Baik

Seperti sudah dibahas sebelumnya, gaya hidup sehat bukan hanya tentang olahraga dan makanan, namun kesehatan mental juga.

Stres muncul ketika tubuh kamu merasa tertekan, ancaman, atau merasakan perubahan. Jadi biasanya stres itu muncul ketika kamu merasa tertekan saat di kantor atau penyesuaian ketika kamu harus tinggal di lokasi yang baru.

Ketika kamu stres, tubuh kamu akan memberi respon baik itu fisik atau mental.

Untuk gejala emosi biasanya kamu akan merasa mudah marah, frustasi, moody, dan yang paling parah menjadi depresi.

Sedangkan untuk gejala fisiknya kamu akan merasa pusing, migrain, gangguan pencernaan (diare atau sembelit), atau jantung berdebar. Untuk wanita, biasanya stres akan mengganggu menstruasi.

Sangat mengganggu bukan dampak dari stres itu? Oleh karena itu, kamu harus bisa mengelola stres agar tubuh kamu selalu sehat.

Bagaimana Cara Mengelola Stres?

Nah sekarang, bagaimana cara mengelola stres?

  • Banyak berkomunikasi dengan teman-teman sekitar untuk mengeluarkan unek-unek yang ada kamu punya atau hanya sekedar berbincang ringan
  • Perbanyak olahraga agar aliran darah ditubuh kamu lancar dan kamu semakin bugar
  • Kamu bisa mencoba meditasi untuk menenangkan pikiran, contohnya seperti yoga
  • Lakukan aktivitas yang kamu suka, jangan selalu berkutat dengan pekerjaan. Contohnya cari hobi yang kamu gemari

3. Tingkatkan Kualitas Tidur

Tidur adalah salah gaya hidup yang sehat. Karena sebagai manusia tubuh kita butuh tidur yang berkualitas. Karena saat tidur tubuh kita melakukan regenerasi sel-sel dan jaringan tubuh.

Selain itu, dengan kualitas tidur yang baik dan waktu yang cukup bisa membuat tubuh kita bugar dan pikiran lebih jernih.

Tubuh yang bugar dan pikiran jernih akan membantu kamu dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Apabila badan kamu masih lelah di pagi hari karena kualitas tidur yang buruk, pada melakukan aktivitas sehari-hari tubuh kamu akan mudah lelah dan sulit untuk berkonsentrasi.

Apa saja penyebab sulit tidur?

  • Tingkat stres yang kamu hadapi
  • Terlalu banyak konsumsi alkohol, kafein, dan nikotin
  • Tubuh kamu sedang tidak bugar

Berapa waktu tidur yang dibutuhkan oleh tubuh?

Dilansir Alodokter, pada dasarnya setiap orang memiliki kebutuhan waktu tidur yang berbeda-beda sesuai dengan usia dan aktivitasnya.

  • Bayi yang baru lahir: 14-17 jam sehari
  • Bayi usia 12 bulan: 10 jam malam hari dan 4 jam siang hari
  • Bayi usia 2 tahun: 11-12 jam malam hari dan 1-2 jam siang hari
  • Balita usia 3-5 tahun: 10-13 jam sehari
  • Anak usia 6-13 tahun: 9-11 jam sehari
  • Remaja usia 14-17 tahun: 8-10 jam sehari
  • Dewasa usia 18+ tahun: 7-9 jam sehari

Bagaimana Cara Meningkatkan Kualitas Tidur?

  • Tentukan jadwal tidur pada malam hari dan bangun pada pagi hari. Kamu harus membuat siklus pasti waktu tidur kamu agar tubuh kamu memiliki respon otomatis untuk tidur ketika sudah masuk jam tidur
  • Kurangi asupan kafein, nikotin, dan alkohol
  • Buat suasana kamar sesuai dengan keinginan kamu
  • Olahraga rutin akan membuat badan kamu rileks dan siap untuk tidur karena energi yang kamu miliki digunakan secara optimal

4. Jaga Asupan Garam dan Gula

Jaman sekarang, makanan sangat banyak variasinya termasuk bumbu. Baik itu makanan manis atau asin. Karena hal tersebut, kadang kamu sulit untuk mengontrol asupan garam dan gula.

Padahal, kelebihan asupan garam dan gula bisa berujung pada obesitas dan diabetes. Jadi apabila kamu ingin menerapkan gaya hidup sehat, kamu harus bisa mengontrol asupan garam dan gula setiap hari.

Batas Asupan Garam/Hari

Berdasarkan Health Canada, tubuh manusia hanya butuh 115 mg sodium per hari. Sedangkan berdasarkan United Kingdom Reference Nutrient Intakes, manusia butuh minimum 575 mg sodium dan maksimum 1.600 mg.

Sebagai patokan, 1 sendok teh garam mengandung 2000 mg sodium.

Namun sebenarnya beda tempat tinggal beda juga kebutuhan garamnya. Seperti di Indonesia, sebagai negara tropis kita perlu asupan garam yang lebih tinggi.

Namun kita jangan khawatir akan kekurangan asupan garam, karena mayoritas makanan di Indonesia mengandung banyak garam.

Batas Asupan Gula/Hari

Di bawah ini kamu bisa membaca daftar kebutuhan gula/hari menurut kelompok umur berdasarkan kelompok usia:

  • Usia 1 – 3 tahun: 2 – 5 sendok teh
  • Usia 4 – 6 tahun: 2,5 – 6 sendok teh
  • Usia 7 – 12 tahun: 4 – 8 sendok teh
  • Lebih dari 13 tahun: 5 – 9 sendok teh
  • Lansia: 4 – 8 sendok teh

5. Minum Air Mineral Sesuai dengan Kebutuhan Tubuh

Air adalah salah satu elemen penting yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Air memiliki fungsi untuk menjadi alat transportasi untuk mengirimkan zat-zat gizi ke sel-sel yang ada di tubuh kita.

Untuk kamu yang ingin menerapkan gaya hidup sehat, tentunya kamu harus menjaga asupan air kamu tiap hari. Jangan sampai kekurangan agar kamu tidak dehidrasi dan juga jangan kelebihan agar ginjal kamu bekerja tidak terlalu berat.

Pasti kamu pernah dengar kalau manusia itu butuh 8 gelas air setiap hari. Tapi sebenarnya hal itu kurang tepat. Karena kebutuhan air tiap orang berbeda-beda, tergantung usia, aktivitas, dan tempat tinggal.

Biasanya, pria memiliki kebutuhan air lebih banyak. Dan ibu hamil dan menyusui memiliki porsi kebutuhan airnya tersendiri.

Kemudian, orang yang tinggal di daerah tropis akan membutuhkan lebih banyak kebutuhan air karena penguapan yang tinggi. Oleh karena itu, untuk orang yang tinggal di Indonesia butuh asupan air yang tinggi.

Kebutuhan Air Berdasarkan Usia

Di bawah ini adalah daftar kebutuhan air berdasarkan usia yang dikutip dari h4hinitiative.com/indonesia:

  • Bayi:
    6 bulan – 1 tahun: 800 ml
  • Anak-anak:
    1 – 3 tahun: 1.200 ml
    4 – 6 tahun: 1.500 ml
    7 – 9 tahun: 1.900 ml
    10 – 12 tahun: 1.800 ml
  • Remaja:
    13 – 15 tahun: 2.000 ml
    16 – 18 tahun: 2.100 ml (perempuan), 2.200 ml (laki-laki)
  • Dewasa:
    18 – 65 tahun: 2.300 ml (perempuan), 2.500 ml – 2.600 ml (laki-laki)
  • Lansia:
    65 – 80 tahun: 1.600 ml (perempuan), 1.900 ml (laki-laki)
    80+ tahun: 1.500 ml (perempuan), 1.600 ml (laki-laki)

Kebutuhan Air Berdasarkan Berat Badan

Selain berdasarkan usia, ada juga cara menghitung kebutuhan air berdasarkan berat badan. International Marathon Medical Directors Association (IMMDA) memberikan rumus hitungan untuk kebutuhan air.

0,03 x berat badan.

Contoh, kalau berat badan kamu 55 kg, berarti kebutuhan air kamu adalah 0,03 x 55 = 1,65 liter.

Selain dua cara tersebut, kamu juga harus memperhitungkan aktivitas sehari-hari dan kondisi medis. Konsultasikan ke dokter atau ahli gizi supaya kamu mendapatkan angka pasti kebutuhan air setiap harinya.

6. Makan Lebih Banyak Sayur dan Buah

Rutin memakan sayur dan buah adalah salah satu hal yang wajib kamu lakukan dalam gaya hidup sehat. Pasti kamu juga tahu, kalo sayuran dan buah itu banyak manfaatnya bagi kesehatan.

Manfaat Buah dan Sayuran berdasarkan warna

Fitokimia adalah senyawa kimia yang dikandung oleh tanaman. Zat kimia ini memiliki peran penting dalam melindungi kamu dari serangan penyakit.

Fitokimia ini punya peran dalam pembentukan warna dari buah dan sayuran. Setiap warna memiliki manfaatnya tersendiri.

  • Warna Merah
    Buah dan sayur berwarna merah memiliki kandungan likopen yang membantu kamu untuk menjaga kesehatan jantung dan mengurangi resiko terkena kanker
  • Warna Hijau
    Buah dan sayur berwarna hijau mengandung klorofil. Zat ini bagus untuk membantu pembentukan sel darah merah, sehingga buah dan sayur berwarna hijau bagus untuk mencegah anemia. Selain anemia, buah warna hijau bagus juga untuk detoksinifikasi
  • Warna Kuning/Orange
    Warna kuning atau orange yang muncul di buah dan sayuran dibentuk oleh beta-karoten. Beta-karoten ini bagus untuk kesehatan mata, karena zat ini dibentuk oleh tubuh menjadi vitamin A.
  • Warna Ungu/Biru
    Warna ungu pada buah dan sayuran terbentuk dari pigmen antosianin. Katanya kalo warna ungu pada buah semakin gelap warnanya, berarti kandungan antosianinnya lebih banyak. Antosianin mengandung antioksidan yang dapat mengurangi risiko kardiovaskular, atau penyakit yang berhubungan dengan jantung dan pembuluh darah.

Agar kamu mendapatkan manfaat dari buah dan sayuran secara optimal, sangat disarankan untuk mengkonsumsi secara rutin.

7. Lakukan Olahraga Secara Teratur

Seperti sudah dibahas di poin nomor 1, apabila kamu aktif bergerak seperti melakukan jogging, aliran darah di tubuh kamu akan menjadi lancar.

Lancarnya aliran darah di tubuh kamu akan membuat kamu lebih awet muda karena oksigen yang terdistribusi secara sempurna, kemudian lebih bahagia karena hormon endorfin yang keluar dari tubuh, serta terhindar dari penyakit yang diakibatkan penyumbatan darah.

Selain hal-hal tersebut, dengan melakukan olahraga secara rutin bisa menjaga bentuk badan kamu dan mengurangi resiko obesitas.

Dengan asupan nutrisi yang tepat, olahraga bisa mengurangi lemak, meningkatkan massa otot, dan menambah performa kinerja metabolisme.

Dan yang penting, kalau kamu rajin berolahraga badan kamu akan menunda keterbatasan fisik saat tua nanti.

8. Tingkatkan Kualitas Hubungan dengan Orang Sekitar

Interaksi sosial termasuk ke dalam gaya hidup sehat. Menurut ahli melakukan interaksi dengan lingkungan sekitar memiliki manfaat untuk kesehatan otak dan fisik.

Dengan melakukan interaksi sosial kamu bisa membuat dirimu lebih dekat dengan orang sekitar dan juga bisa mengurangi beban yang kamu miliki.

Beban pikiran yang dipendam bisa berpengaruh terhadap kesehatan juga, karena berhubungan dengan mental.

Oleh karena itu kamu disarankan untuk bertukar pikiran atau mencurahkan isi hati dengan orang sekitar.

9. Lebih Banyak Makan Makanan yang Alami

Di zaman modern ini manusia suka hal-hal yang instan, termasuk makanan. Padahal, orang yang menerapkan gaya hidup sehat harus rajin mengkonsumsi makanan yang alami.

Makan makanan yang instan memiliki dampak buruk untuk kesehatan apabila dikonsumsi secara terus menerus setiap hari. Hal ini disebabkan rata-rata makanan siap saji memiliki kalori yang cukup tinggi, namun nutrisi yang rendah.

Hal tersebut bisa meningkatkan resiko penyakit jantung dan kanker yang disebabkan oleh peningkatan kolesterol karena kandungan lemak yang tinggi.

Manfaat Makanan Alami

  • Melindungi dari ancaman zat kimia yang berbahaya bagi tubuh
  • Lebih banyak nutrisi
  • Ramah lingkungan
  • Mengurangi resiko kanker dan penyakit lainnya
  • Menjaga bentuk tubuh

10. Buatlah Dirimu jadi Lebih Bahagia!

Ada penelitian yang menyebutkan kalau orang yang bahagia cenderung menjalani gaya hidup yang lebih sehat. Umumnya mereka akan makan makanan yang sehat dan alami serta lebih banyak melakukan aktivitas dan berkomunikasi dengan lingkungan sekitar.

Dilansir dari inc.com, ada 10 tips untuk menjadi lebih bahagia secara mudah.

  1. Olahraga minimal 7 menit setiap hari
  2. Waktu tidur cukup
  3. Habiskan waktu bersama keluarga atau teman
  4. Banyak aktivitas di luar rumah
  5. Saling menolong
  6. Perbanyak senyum
  7. Rencanakan perjalanan
  8. Meditasi
  9. Punya rumah dekat kantor
  10. Lebih banyak bersyukur

Memulai gaya hidup sehat sejatinya adalah investasi untuk masa tua. Kalau kamu menerapkan gaya hidup sehat mulai dari sekarang, tubuh kamu akan selalu dalam keadaan terbaiknya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *