HomeArtikel10 Manfaat Jogging di Pagi Hari yang Harus Kamu Ketahui

10 Manfaat Jogging di Pagi Hari yang Harus Kamu Ketahui

Jogging menjadi salah satu aktivitas olahraga paling mudah yang bisa kita lakukan. Walaupun terlihat simpel, jogging bagus untuk kesehatan dan kebugaran tubuh.

Jogging termasuk olahraga kardio yang memiliki manfaat terhadap jantung dan sistem peredaran darah.

Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal kamu harus memerhatikan beberapa hal:

  • Gunakan sepatu dan pakaian yang nyaman
  • Tentukan waktu dan lokasi
  • Pastikan perut kamu dalam keadaan terisi (jangan kosong dan terlalu kenyang)
  • Gunakan teknik jogging yang benar

Tanpa persiapan dan teknik yang benar, jogging kamu akan menjadi tidak maksimal dan tidak akan mendapatkan benefit yang diharapkan.

Selain itu, supaya tidak mudah bosan, kamu bisa mengajak teman atau melakukan jogging sambil mendengarkan lagu.

Sebenarnya banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan dari melakukan jogging di pagi hari selain untuk jantung dan sistem peredaran darah.

Mountoya sudah merangkum 10 Manfaat jogging di pagi hari yang harus kamu ketahui.

1. Membantu Mendapatkan Berat Badan Ideal

Banyak orang yang menjadikan berat badan sebagai motivasi utama untuk berolah raga jogging dan kamu mungkin termasuk salah satunya.

Hal ini tentunya tidak salah, bahkan sangat bagus. Namun yang harus diperhatikan bagaimana menjaga motivasi tersebut agar kamu mau terus melakukan jogging.

Dilansir dari healthline.com aktivitas berjalan, power-walking, jogging, dan berlari bisa membantu kamu untuk mencegah obesitas.

Tapi yang pasti apabila kamu mau turun berat badan lebih cepat, kamu harus rutin berlari atau jogging. Dan tidak disarankan untuk berjalan ditengah-tengah aktivitas lari atau jogging.

Jadi lebih baik berlari atau jogging secara perlahan dan konstan daripada berlari secara cepat di awal namun hanya sebentar.

2. Meningkatkan Fungsi dan Kemampuan Paru-Paru

Seperti olahraga aerobik, jogging membantu untuk membesarkan kapasitas paru-paru dan menguatkan otot sistem pernapasan.

Jogging membuat pernapasan kita terlatih untuk mengambil banyak oksigen dan mengeluarkan karbondioksida sehingga asupan udara bersih yang dibutuhkan terpenuhi.

Selain itu, kamu tidak akan mudah lelah apabila melakukan aktivitas sehari-hari. Karena otot sistem pernafasan kamu sudah terlatih untuk melakukan pernapasan yang baik dan benar. Sehingga oksigen yang masuk sesuai dengan yang dibutuhkan oleh tubuh.

3. Meningkatkan Kekuatan Tulang

Jogging secara rutin bisa meningkatkan kekuatan dan kesehatan tulang.

Dilansir dari firstcry.com, pada awal jogging beberapa tulang akan mengalami tegang dan beban. Namun secara perlahan tulang-tulang yang kamu miliki akan menyesuaikan dan mulai terbiasa.

Melakukan jogging secara rutin bisa mempertebal tulang dan memperkecil resiko cedera.

Jogging mampu menghindarkan kamu dari osteoporosis, osteoarthritis and rheumatoid arthritis.

4. Menguatkan Otot

Walaupun tidak seefektif angkat beban atau push-up, jogging sebenarnya bisa juga membentuk otot.

Namun sebenarnya hal utama yang berhubungan dengan otot dari jogging adalah penguatan otot itu sendiri. Karena saat kita rutin melakukan jogging, kapasitas otot dalam menyerap oksigen akan meningkat.

Saat melakukan aktivitas jogging, jantung kita akan memompa lebih banyak darah dari biasanya. Saat darah yang dipompa oleh jantung kita menyebar melalui peredaran darah, jaringan otot kita akan menerima banyak asupan oksigen dan nutrisi yang dihasilkan oleh darah.

5. Membuat Kamu Lebih Bahagia

Kamu sedang merasa di bawah tekanan? Mungkin sekarang waktunya kamu untuk memulai jogging.

Saat kamu melakukan jogging, tubuh akan melepaskan hormon endorfin. Endorfin adalah sebuah zat kimia yang dihasilkan oleh tubuh secara alami untuk mengurangi rasa sakit dan mentrigger rasa bahagia.

Dilansir dari alodokter.com, endorfin ini disebut seperti morfin. Jadi tanpa perlu melakukan hal yang negatif, kita bisa mendapatkan kebahagiaan melalui hormon endorfin ini.

Jadi kalau kamu sedang stress, jogging bisa menjadi salah satu pelarian positif supaya kamu lebih bahagia.

6. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Saat kamu melakukan aktivitas jogging, jantung akan memompa sel darah merah ke seluruh tubuh. Sel darah merah tersebut akan mengeluarkan hemoglobin untuk menghancurkan sel patogen.

Patogen adalah sebuah mikroorganisme parasit yang menyebabkan beberapa penyakit.

Oleh karena itu apabila kamu rutin jogging, kamu akan mendapatkan pasokan hemoglobin yang memerangi patogen-patogen di dalah tubuh kamu.

7. Bisa Menjadi Mood Booster

Selain bisa meredakan stress, jogging juga bisa menjadi mood booster kamu. Hormon yang bekerja untuk meningkatkan mood sama seperti untuk meredakan stress, yaitu hormon endorfin.

Kalau kamu lagi galau atau bad mood, jogging bisa menjadi salah satu obat alami untuk menolong.

Sekali jogging, kamu bisa langsung dapet dua manfaat. Tubuh jadi makin sehat dan perasaan kamu bisa jadi lebih bahagia.

8. Membuat Tidur Lebih Nyenyak

Menurut stevenaitchison.co.uk, jogging bisa memperbaiki kualitas tidur dan membantu kamu untuk mengatasi insomnia.

Kesulitan tidur atau insomnia terjadi karena tubuh kamu memberi respon bahwa tubuh kamu tidak cukup lelah untuk tidur. Mungkin kamu merasa lelah karena sudah melakukan aktivitas seharian. Tapi sebenernya kamu merasa lelah secara pikiran, tapi fisik kamu masih menyimpan banyak energi.

Jadi untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa membuat tubuh kamu “lelah” secara alami. Hal tersebut bisa diatasi dengan olahraga, salah satunya jogging.

9. Membuat Kamu Lebih Percaya Diri

Pasti kamu sudah tau hormon endorfin bisa menjadi mood booster dan mengurangi stresskan? Nah ternyata hormon endorfin yang bisa dihasilkan saat jogging ternyata memiliki manfaat lain.

Yaitu membuat kamu bisa menjadi lebih percaya diri! Bagaimana caranya?

Ternyata hormon endorfin bisa mengeluarkan positive vibes untuk dirimu yang membuat kamu lebih percaya diri.

10. Membuat Wajah Lebih Awet Muda

Oksigen bermanfaat untuk membuat kulit menjadi lebih muda, termasuk wajah. Kulit mendapatkan asupan oksigen melalui aliran darah yang dipompa oleh jantung.

Saat kamu jogging, jantung akan memompa lebih banyak darah yang mengalir ke seluruh tubuh.

Dikutip dari larissa.co.id, oksigen bisa membantu untuk mencerahkan kulit, mengurangi, dan mencegah jerawat.

Jadi untuk kamu yang merasa kulitnya kurang bersinar atau banyak jerawat, coba mulai jogging rutin.

Itulah daftar 10 manfaat jogging di pagi hari yang harus kamu ketahui.

Banyak sekali manfaat yang kamu bisa dapatkan dari jogging. Mulai dari kesehatan sampai kecantikan.

Yuk kita mulai jogging!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *