HomeArtikel8 Manfaat Gaya Hidup Minimalis yang Harus kamu Ketahui

8 Manfaat Gaya Hidup Minimalis yang Harus kamu Ketahui

Gaya hidup minimalis telah menjadi hal menarik akhir-akhir ini. Hal ini dikarenakan gaya hidup minimalis menawarkan banyak hal-hal positif terhadap kehidupan kita. Tapi, tahukah kamu apa itu gaya hidup minimalis dan apa saja manfaatnya?

Gaya hidup minimalis ini bukan sekedar mengurangi pembelian barang-barang seperti pakaian dan dekorasi rumah, tapi juga mengurangi ‘rasa kepemilikan’ terhadap suatu barang.

Gaya hidup ini mampu membebaskanmu dari perasaan khawatir, takut dan bersalah akibat terlalu konsumtif. Kini banyak yang sudah memulai menerapkan gaya hidup minimalis untuk memperoleh hidup yang lebih tenang.

Berikut manfaat lainnya dengan gaya hidup minimalis.

1. Jernih Dalam Berpikir

Tidak dapat dipungkiri bahwa kepemilikan fisik terkait dengan kesehatan mental dan emosional seseorang. Penelitian menunjukkan ketika kita membersihkan lemari kita, hal itu berdampak besar pada kejernihan mental dan ketenangan pikiran kita.

Kapan terakhir kali kamu meluangkan waktu membereskan kamar atau gudang penyimpanan dan memilah barang-barang yang kamu lupa tersimpan disana? Mungkin hanya sebentar dalam merapihkannya, tetapi bagaimana perasaan kamu saat sudah merapihkannya?

Hal itu pasti terasa melegakan, walaupun akan sedikit menghabiskan energi tetapi dampak rasa ketenangan yang dirasakan setelahnya akan meringkankan bebanmu.

2. Meningkatkan Percaya Diri

Gaya hidup minimalis mengangkat tentang individualitas dan kemandirian kedua hal tersebut membuat kamu lebih percaya diri dalam mengejar kebahagiaan.

Yuk mulai percaya diri dengan empat tips ini:

1. Kenali dirimu, baik dari sisi kelebihan maupun kekurangan.

2. Berani mengambil keputusan tanpa bantuan orang lain.

3. Pahami bahwa satu-satunya porang yang bisa kamu andalkan adalah dirimu sendiri.

Selamat mencoba!

3. Lebih Hemat Waktu

Dengan mempunyai barang-barang yang lebih sedikit kamu akan lebih mudah untuk mencari sesuatu. Hal ini juga membuat kita lebih mudah dalam merapihkan ruangan karena barang-barang yang kita miliki lebih tertata.

4. Membuatmu Lebih Berkonsentrasi

Ketika memiliki barang-barang dengan kuantitas lebih sedikit tapi berkualitas membuat kamu lebih mudah berkonsentrasi dalam hal-hal yang akan kamu kerjakan, semua menjadi serba mudah dan lebih cepat!

5. Lebih Bahagia

Dengan proses decluttering atau kegiatan dimana kamu membereskan rumah dengan mengurangi barang-barang yang tidak diperlukan lagi. Kebahagian secara alami akan datang karena kamu telah tertarik kepada hal-hal yang lebih berarti.

Selain itu, kebahagian akan muncul karena kamu menjadi lebih efisien dan konsentrasi dengan memfokuskan kembali prioritas kamu.

6. Memiliki Nilai Estetika

Merapihkan barang dengan terorganisir dengan baik memiliki nilai estetika yang menyenangkan daripada menumpuk barang yang tidak perlu. Namun sebenarnya, apakah estetika itu? Menurut KBBI, istilah estetika memiliki dua arti. Estetika adalah suatu cabang filsafat yang membahas tentang seni, nilai keindahan, dan tanggapan manusia terhadapnya.

Dengan gaya hidup minimalis lebih memiliki ruang untuk produktivitasmu. Tempat untuk segala sesuatu dan segala sesuatu berada di tempatnya dengan nilai yang lebih estetik.

Berikut empat langkah mudah dalam mendekorasi ruanganmu yang bernilai estetika:

1. Meletakan tanaman hijau disudut ruanganmu membuat ruangan tampak segar dan menambah nilai estetika.

2. Menggunakan furnitur dengan warna-warna natural.

3. Memasang ornamen dengan desain simple untuk menambah nilai estetika ruanganmu.

4. Sedikit furnitur dengan banyak manfaat. Contohnya, gunakan lemari dengan kualitas dan storage yang cukup dan sesuai kebutuhan.

7. Berkurangnya Rasa Takut

Untuk menjalani gaya hidup minimalis kamu harus mampu mengurangi nafsu kepada hal-hal yang bersifat duniawi. Dengan mengurangi rasa kehilangan akan harta duniawi maka rasa takut akan kegagalan pun akan berkurang karena tidak lagi memilki banyak hal yang bersifat duniawi.

8. Merdeka Finansial

Prinsip gaya hidup minimalis membuat kamu lebih menghargai suatu barang dan mengajarkan kamu untuk tidak memiliki barang berlebih yang tidak diperlukan. Barang yang kamu punya pun harus berkualitas.

Dengan itu kamu bisa jadi lebih berhemat dalam membeli barang-barang baru. Kamu jadi lebih bisa mempertimbangkan barang yang kamu beli benar-benar dibutuhkan atau tidak.

Cara itu membuat pengeluaranmu lebih terencana dan berhasil lebih banyak punya uang daripada barang.

Itulah daftar 8 manfaat gaya hidup minimalis.

Dari delapan manfaat gaya hidup minimalis diatas dan masih banyak lagi, mana yang buat kamu tertarik?

Yuk mulai coba menjalani gaya hidup minimalis!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *