HomeArtikelPenyebab Insomnia dan Cara Mengobatinya

Penyebab Insomnia dan Cara Mengobatinya

Penyebab Insomnia

Insomnia

Gangguan tidur banyak dialami oleh orang disegala usia namun banyak yang tidak mempermasalahkan hal tersebut bahkan membiarkannya bertahun-tahun. Gangguan tidur yang sering dialami orang adalah insomnia atau kesulitan untuk tertidur maupun mempertahankan kondisi tidur.

Menurut para ahli, penyebab insomnia ada beberapa faktor.

Insomnia dapat menyebabkan seseorang menjadi tidak fit karena waktu istirahatnya kurang.

Selain kualitas tidur yang baik kita juga harus memperhatikan kuantitas tidur kita. Setiap usia memiliki porsi tidur yang berbeda-beda. Orang dewasa disarankan untuk tidur dari 7-9 jam perhari sedangkan untuk remaja 8-10 jam perhari, anak-anak 9-11 dan bayi sekitar 10-13 jam perhari ditambah juga dengan tidur siang.

Penyebab Insomnia

Insomnia tidak memandang siapa dan kapanpun sehingga dapat terjadi pada seseorang baik yang muda maupun tua, meskipun biasanya usia lanjut lebih berisiko mengalami insomnia. Beberapa faktor berikut ini dapat menjadi penyebab insomnia sesesorang, diantaranya:

1. Pola hidup tidak sehat

Pola hidup tidak sehat dapat menjadi penyebab insomnia pada seseorang. Seperti kebiasaan minum alkohol, merokok, kebiasaan makan terlalu malam sehingga sulit untuk tidur, beraktivitas banyak di malam hari, dan lain sebagainya.

2. Gangguan psikologi

Gangguan psikologi biasa disebut juga dengan gangguan kecemasan yang dapat dipicu oleh berbagai hal sehingga menyebabkan stress hingga depresi. Orang yang mentalnya sedang tidak baik biasanya akan merasa gelisah pada malam hari sehingga sulit untuk tidur karena tidur membutuhkan mental yang baik.

3. Dipengaruhi obat-obatan

Beberapa obat yang biasa dikonsumsi seseorang mengandung bahan-bahan yang memiliki efek pada tidur, obat pereda nyeri, dan beberapa obat yang mengandung kafein. Sehingga apabila obat yang dikonsumsi sekiranya menyebabkan kesulitan tidur disarankan untuk mencari obat yang memiliki efek samping terhadap tidur.

4. Usia lanjut

Orang-orang pada usia lanjut biasanya mengalami penurunan fungsi otak yang dapat berpengaruh pada rasa lelah dan kantuk. Biasanya terjadi juga pada orang yang mengalami demensia.

Selain keempat faktor ini masih banyak hal yang dapat menyebabkan insomnia seperti tidur siang yang terlalu lama, sedang hamil sehingga karena terjadi beberapa perubahan hormon, dan lain-lain.

Apabila seseorang kekurangan tidur banyak hal negatif yang mempengaruhi keseharian orang tersebut seperti hilangnya konsentrasi saat bekerja atau belajar, kesulitan dalam menghapal, dan berpengaruh pada kesehatannya.

Cara Mengobati Insomnia

Banyak hal yang dapat dilakukan untuk mengatasi insomnia ringan, berikut ini beberapa cara sederhana yang dapat membantu menghilangkan insomnia:

1. Susu hangat sebelum tidur

Cara ini merupakan cara termudah yang dapat membantu seseorang untuk tertidur. Pasalnya kandungan dalm susu dapat membuat orang menjadi lebih rileks. Susu juga mengandung hormon metalonin yang mengantur siklus tidur seseorang.

2. Rutin berolahraga

Seseorang yang rutin berolahaga cenderung memiliki kualitas tidur yang lebih baik, sehingga kemungkinan mengalami insomnia kecil. Olahraga sangat bermanfaat dalam meningkatkan kesehatan tubuh seseorang.

3. Membuat jadwal tidur

Mengatur jadwal tidur yang tepat dapat mencegah insomnia. Waktu tidur kurang dan berubah-ubah setiap harinya dapat memicu insomnia sehingga sangat baik jika seseorang mengatur jadwal tidurnya agak selalu cukup.

4. Membuat suasana tidur yang nyaman

Setelah melakukan ketiga hal sebelumnya, akan lebih baik lagi jika mulai untuk mengatur suasana kamar menjadi lebih nyaman. Insomnia yang berkepanjangan juga dapat disebabkan oleh suasana tidur yang tidak nyaman. Contohnya intensitas cahaya yang begitu tinggi bagi sebagian orang dapat menyebabkan kesulitan untuk tidur sehingga mulai lah menggunakan lampu tidur yang redup atau mematikan lampu saat tidur, kemudian mengganti sarung bantal dan sprei kasur menjadi yang dingin dan nyaman. Dengan begitu tidur akan menjadi lebih berkualitas.

Apabila hal-hal sederhana di atas tidak berpengaruh pada kalian dan mengalami insomnia berkepanjangan, maka disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter yang ahli dalam masalah ini. Karena apabila dibiarkan insomnia dapat mengganggu aktivitas di siang hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *