HomeTips6 Tips Menjaga Daya Tahan Tubuh

6 Tips Menjaga Daya Tahan Tubuh

Menjaga Daya Tahan Tubuh

Di zaman sekarang ini sangat penting untuk melakukan pola hidup sehat guna menciptakan imunitas yang baik, salah satunya dengan menerapkan beberapa kebiasaan yang baik.

Daya tahan tubuh mempunyai peranan yang sangat penting untuk menjaga kamu agar tetap sehat dan mencegah terjadinya infeksi dari virus maupun bakteri.

Sistem kekebalan kamu melindungi kamu dari virus, salah satunya adalah virus yang menyebabkan pilek dan flu.

Dengan melakukan 6 tips dibawah ini akan dapat membantu mendukung sistem kekebalan tubuh kamu sehingga kamu siap untuk melawan virus-virus itu.

1. Tidur Cukup

Seperti yang kamu ketahui bahwa kurang tidur telah terbukti merusak fungsi kekebalan tubuh.

Satu studi besar memantau perkembangan flu biasa setelah memberi orang tetes hidung dengan virus flu, mereka menemukan bahwa mereka yang tidur kurang dari 7 jam hampir 3 kali lebih rentan terserang flu dari pada mereka yang tidur 8 jam atau lebih.

Beberapa Manfaat jika kualitas tidur kamu baik

  1. Kualitas tidur yang baik akan meningkatkan konsentrasi dan produktifitas.
  2. Meningkatkan daya ingat.
  3. Membantu pertumbuhan tubuh.
  4. Menormalkan kadar gula dalam darah.
  5. Menurunkan berat badan.

2. Rutin Berolahraga

Menurut sebuah artikel di Time David Nieman, PhD, seorang professor kesehatan public dan direktur dari Human Perfomance Lab di Applachian State Univeristy.

Melaksanakan beberapa penelitian untuk menemukan hal terbaik dalam meningkatkan kemampuan tubuh untuk menjauhi diri dari penyakit, dan olahraga secara rutin terbukti salah satu yang paling berpengaruh.

Setelah kamu tahu bukan berarti kamu sekarang bergegas untuk berlari marathon untuk menjauhi penyakit, karena ada beberapa jenis olahraga ringan yang cocok untuk meningkatkan sistem daya tahan tubuh kamu

  1. Aerobik ringan.
  2. Berjalan
  3. Bersepeda
  4. Jogging

Seperti yang kamu ketahui bahwa ketika kamu berolahraga secara berlebihan bukan manfaat baik yang akan kamu dapatkan, melainkan ada dampak negatif akan menghantui kamu.

Maka dari itu, sebaiknya lakukanlah olahraga dalam batas normal, misalkan 15 menit, 30 menit, atau 1 jam yang dilakukan secara rutin agar kamu bisa mendapatkan manfaat baik didalamnya.

3. Konsumsi Asupan yang Sehat

Makanan adalah salah satu sumber terbaik untuk memperkuat Daya tahan tubuh kamu, dengan mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi sudah sangat tentu membantu daya tahan tubuh kamu menjadi kuat.

Beberapa organisasi kesehatan dunia merekomendasikan untuk mengisi setengah piring kamu dengan sayuran dan buah-buahan, dan bagi separuh lainnya antara protein tanpa lemak dan biji-bijian.

Beberapa jenis makanan yang bisa membantu daya tahan tubuh kamu menjadi kuat:

  1. Bawang Putih
  2. Buah Jeruk
  3. Jahe
  4. Madu
  5. Ubi Ungu

Konsumsi secara teratur tanpa berlebihan agar kamu mendapatkan manfaat yang maksimal.

4. Minum Suplemen Makanan atau Vitamin

Mungkin banyak sekali yang menyepelekan kebutuhan vitamin, tapi hal ini tidak boleh kamu abaikan. Yang disebabkan dengan kondisi cuaca yang tidak menentu, merupakan senjata untuk menumbuhkan virus yang bisa melemahkan sistem Daya tahan tubuh kamu.

Salah satu nya yang harus kamu perhatikan adalah, kebutuhan asupan Vitamin C yang bisa mendorong dan menguatkan Daya tahan tubuh. Vitamin C tidak d produksi atau di simpan dalam tubuh kamu. Maka dari itu kamu harus mengkonsumsi nya untuk kebutuhan tubuh.

5. Tidak Merokok

Sudah menjadi rahasia umum tentang bahaya merokok, merokok tidak hanya meningkatkan resiko kanker paru-paru, tetapi juga dapat melemahkan sistem daya tahan tubuh kamu.

Ada ribuan racun yang ada di asap rokok yang dapat mempengaruhi sel-sel kekebalan dalam tubuh dan merusak fungsi mereka.

Inilah mengapa perokok lebih rentan terhadap gangguan pernafasan seperti asma, bronchitis, bahkan pneumonia.

Jika kamu seorang perokok aktif, mungkin sekarang kamu merasa ada beberapa gejala yang membuat Kamu tidak nyaman. Sekarang waktunya kamu untuk berhenti merokok, guna memperkuat daya tahan tubuh kamu dan untuk menjalani hidup yang lebih sehat.

6. Cukupi Kebutuhan Cairan Kamu

Semua orang mengetahui bahwa banyaknya manfaat jika meminum air putih secara rutin dan sesuai kebutuhan untuk memenuhi kebutuhan cairan didalam tubuh.

Seperti yang diketahui juga jika kamu meminum air putih, terutama jika perut Kamu kosong akan membantu menyeimbangkan sistem limfakit yang menyebabkan meningkatnya imunitas atau daya tahan tubuh Kamu, dengan begitu tubuh Kamu akan lebih kebal terhadap penyakit.

Banyaknya manfaat air putih yang bisa kamu dapatkan antara lain

  1. Menjaga fungsi ginjal
  2. Baik untuk metabolism tubuh
  3. Menjaga stamina dan energy
  4. Baik untuk diet
  5. Melancarkan pencernaan

Dengan banyaknya manfaat yang didapatkan ketika meminum air putih secara teratur dan sesuai kebutuhan, oleh karena itu kamu harus tetap menjaga kualitas air yang akan Kamu konsumsi.

Selain air putih, air mineral juga sangat baik untuk di konsumsi. Dimana secara sepintas memang terlihat sama, tetapi kedua nya tetap memiliki perbedaan.

Tidak semua air bisa kita konsumsi jika dilihat dari sumber nya, air putih biasanya di dapatkan di sungai, danau, atau sumber alami lainnya, sedangkan air mineral dapat di hasilkan dari daerah yang mengandung mineral yang tinggi seperti kaki gunung.

Air mineral juga lebih banyak memiliki nutrisi yang baik untuk menyeimbangkan tubuh. Air mineral alami juga biasanya didapatkan dari sumber mata air yang dilindungi dari resiko pencemaran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *